Image Hosted by ImageShack.us
 

geboy inside:

Save on Pet Meds at PetCareChoice.com
get over £100 worth of Free vouchers

Thursday, January 24, 2008
catatan si geboy: Peran menejemen standardisasi ISO bagi dokter hewan
Peran menejemen standardisasi ISO bagi dokter hewan

Sebagai salah satu standar Internasional, ISO berisi tentang persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi oleh organisasi atau sebuah lembaga apabila organisasi tersebut ingin menunjukkan bahwa Sistem Manajemen organisasi tersebut mempunyai kemampuan dalam memenuhi persyaratan pelanggan dan peraturan lain yang sesuai dalam bidang MUTU, baik mutu produk/jasa maupun mutu proses guna mencapai kepuasan pelanggan/kosumen.


Ada beberapa standar ISO (International Organisation for Standardisation) yang dikenal diantaranya:
•ISO 9001:2000 Quality Management System
•ISO 14001:2004 Environmental Management System
•ISO 19011:2002 Guidelines for Quality and Environmental Management System Auditing
•ISO 22000:2005 Food Safety Management System/ HACCP (Hazard Analysis and Critical Control Point) System
•ISO 27001:2005 Information Security Management System
•ISO 17025:2005 Quality Management System for Laboratory

Sebagai seorang dokter hewan yang terjun baik di dunia praktisi maupun industri, standardisasi manajemen dapat menjadikan acuan dan tujuan peningkatan mutu baik produk maupun layanan.

Dokter hewan dalam menejemen sebuah peternakan yang berorientasi profit harus berpikir tentang bagaimana mencegah penyakit dengan tidak melupakan prosedur penanggulangan penyakit. ISO sebagai salah satu acuan standardisasi khususnya ISO 9001:2000 tentang Quality Management System dapat dijadikan pegangan untuk manajemen pencegahan penyakit, karena dengan menejemen pengelolaan peternakan yang berkualitas dan berkesinambungan akan menjauhkan peternakan dari ancaman penyakit.

Dibidang industri khususnya yang berhubungan dengan produk pangan asal hewan, penguasaan ISO oleh dokter hewan khususnya ISO 22000:2005 dalam bidang Food Safety Management System yang salah satunya merupakan standardisasi untuk penerapan HACCP (Hazard Analysis and Critical Control Point) yang merupakan peran dokter hewan di bidang Kesmavet (kesehatan masyarakat veteriner) akan menjamin keamanan, kepuasan dan kepercayaan konsumen. Untuk dokter hewan praktisi standardisasi akan meningkatkan mutu layanan kesehatan hewan yang pada akhirnya kepuasan klien dan kesembuhan pasien akan menjadi hasil yang akan terus meningkatkan kepercayaan.

Beberapa satandardisasi ISO lainnya yang berhubungan dengan peran profesi dokter hewan diantaranya ISO 14001:2004 tentang Environmental Management System. Kemampuan penguasaan menejemen profesi akan meningkatkan kompetensi dokter hewan diduania profesional. Harus dipahami ISO BUKAN MENGGANTI sistem manajemen yang sudah ada, tetapi ISO bersifat MELENGKAPI DAN MENYEMPURNAKAN sistem manajemennya.


Ali Maftuh


Labels: ,

posted by ali maftuh,DVM @ 11:42 PM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
Google
 
About Me


Name: ali maftuh,DVM
Home: Tubanopolitan, East-Java, Indonesia
See my complete profile

myPetSally

Save 80% on pet medications

Pet-Supermarket.co.uk

Veterinary Journal
PubMed J.VetSci JVB BMC VetPathol ScienceDirect JVDI JVME JVMS JEVS AVJ
------------------
===PDF to WORD===
Veterinary e-books

vet4arab.co.cc

aahanet.org

aahanet.org

Previous Post
Powered by

BLOGGER

Add to Technorati Favorites