Image Hosted by ImageShack.us
 

geboy inside:

Save on Pet Meds at PetCareChoice.com
get over £100 worth of Free vouchers

Friday, May 30, 2008
back to back: Dahlan iskan, "bangkitlah dari kubangan lumpur"
Dahlan iskan, "bangkitlah dari kubangan lumpur"

MEMBICARAKAN bagaimana cara menutup semburan lumpur Lapindo tampaknya sudah tidak relevan lagi. Terutama ketika masalah sosial yang ditimbulkannya hampir terselesaikan. Juga, berbagai upaya ternyata sudah dilakukan dan tidak ada gunanya. Memang masih ada banyak saran yang disampaikan. Tapi, semuanya hampir tidak mungkin dilakukan lantaran terlalu mahal.

Kalau masih harus membicarakan lumpur Lapindo, sebaiknya mulai beralih ke agenda ini: akan diapakan lokasi itu. Terutama setelah melihat dalam beberapa bulan terakhir tidak ada tanda-tanda membesarnya semburan itu. Belakangan saya sering lewat memutar di atasnya dan selalu saja saya melihat tidak ada tanda-tanda gejolak baru.

Tapi, untuk membicarakan akan diapakan lokasi itu tentu masih harus dilihat dulu siapa yang berhak atas pengelolaan wilayah tersebut. Pemda Sidoarjo? Pemda Jatim? Pemerintah pusat? Bakrie Group?

Dua minggu lalu saya diajak makan malam oleh seorang menteri luar negeri dari negara tetangga yang lagi berkunjung ke Surabaya. Meski tidak beragama Islam, siang harinya dia berziarah ke makam Sunan Ampel, lalu sorenya menemui pengusaha-pengusaha dari negaranya dan malamnya mengundang kami makan malam. Di samping kiri saya ada Alim Markus, chairman Maspion. Di samping kanan saya ada Pak Sigit dari Kadin. Lalu ada bos Bogasari Herman Juhar, bos Surya Inti Henry Gunawan, bos Bank Ekonomi Group dan bos Sekar Group.

Kami berbicara banyak hal, termasuk lumpur Lapindo. Topik pembicaraan adalah: bagaimana seharusnya orang Jatim menyikapi lumpur itu. Kesimpulannya, kini sudah saatnya membalik berita-berita tragedi, sedih, dan bencana itu menjadi berita baik. Sudah terlalu jelek nama Jatim di dunia luar. Apalagi nama Sidoarjo. Sudah terlalu lama kita bersedih, berduka, dan menangis untuk lumpur Lapindo. Tapi, air mata sebanyak lumpur Lapindo pun tidak akan mampu mengubah bencana itu.

Sudah saatnya kita mengusap air mata, meski tetap harus memperjuangkan mati-matian nasib penduduk yang terkena dampak lumpur itu, baik langsung maupun tidak langsung. Sebagai seorang asing yang tidak terikat oleh emosionalitas peristiwa itu, Menlu tersebut, secara pribadi, punya pandangan yang agak berbeda dengan umumnya kita.

Peristiwa di Sidoarjo itu dinilai sangat langka. Di seluruh dunia hanya terjadi di Sidoarjo ini. Seluruh dunia justru harus tahu ini. Harus tahu bahwa kalau mau melihat fenomena bumi yang ajaib dan hanya terjadi di satu tempat, datanglah ke Sidoarjo. Kini rasa malu bahwa daerah kita terkena musibah itu sudah harus diakhiri. Harus diubah menjadi bangga.

Caranya dengan membuat desain khusus yang bisa memanfaatkan lokasi itu untuk apa saja yang punya daya tarik tingkat dunia. Wisatanya, kajian ilmiahnya, historisnya, dan seterusnya. Film-film awal lumpur itu, penderitaan masyarakatnya, contoh-contoh lumpurnya, apa saja kandungannya, di mana saja peristiwa serupa pernah terjadi dan banyak lagi yang harus dipajang di lokasi.

Tapi, siapa yang harus mulai bicara ini? Inikah cara buat Sidoarjo untuk bangkit lebih hebat dari sebelum lumpur? (*)

_jawapos.com

Labels: ,

posted by ali maftuh,DVM @ 11:36 PM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
Google
 
About Me


Name: ali maftuh,DVM
Home: Tubanopolitan, East-Java, Indonesia
See my complete profile

myPetSally

Save 80% on pet medications

Pet-Supermarket.co.uk

Veterinary Journal
PubMed J.VetSci JVB BMC VetPathol ScienceDirect JVDI JVME JVMS JEVS AVJ
------------------
===PDF to WORD===
Veterinary e-books

vet4arab.co.cc

aahanet.org

aahanet.org

Previous Post
Powered by

BLOGGER

Add to Technorati Favorites