Image Hosted by ImageShack.us
 

geboy inside:

Save on Pet Meds at PetCareChoice.com
get over £100 worth of Free vouchers

Friday, November 03, 2006
catatan si geboy: berbeda dalam satu lebaran...
Berbeda dalam satu lebaran...

Perdebatan penuh toleransi sangatlah terasa dalam lebaran kemaren yang ditulis dalam sebuah harian nasional;

saya ikut lebaran selasa karena ada siaran televisi katanya lebarannya hari selasa; saya ikut pengurus wilayah dengan berlebaran hari senin; sejak awal saya sudah diberi pengumuman kalo hari rayanya jatuh pada hari senin; saya berlebaran hari selasa ngikut ama pengurus besar; saya lebaran hari senin, tapi solat pada hari selasa; sebagai umat muslim maka saya berkiblat ke Mekah dan berlebaran pada hari minggu;


Berbagai argumen diangkat oleh tiap orang dalam kesempatan yang kebetulan bertemu dalam sebuah silaturrohim di Rumah seorang seorang guru ngaji (kyai-red.), diantara banyaknya pebedaan pandangan tersebut tidak ada satupun diantara mereka memaksakan bahwa argumennya adalah yang paling benar, mungkin inilah salah satu contoh bahwa perbedaan adalah sebuah rahmad.

Tingginya rasa toleransi dalam lebaran juga saya rasakan ketika saya hendak mencari data kesebuah klenteng Kwan Sing Bio (tempat beribadah ummat Konghuchu) yang konon katanya merupakan salah satu klenteng terbesar di Asia Tenggara. Ketika saya melangkah untuk memasuki tempat tersebut saya dihadapkan dengan sebuah sepanduk besar berwarna kuning yang bertuliskan "Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir Batin", hati saya bertambah kaget ketika saya masuk kedalam ruangan pengurus dan ditemukan dengan Bapak Go Tjong Ping (ketua yayasan klenteng Kwan Sing Bio yang juga ketua komunitas masyarakat tionghoa Tuban) dan beliau pun mengucapkan selamat idul fitri. Tingginya toleransi ini mungkin memang sudah merupakan tradisi yang diawali singgahnya pengembara Tionghoa beragama Islam yang bernama Laksamana Cheng Ho (1413 M-1425) yang sebagian dari pengikutnya memilih menetap di Tuban.

Banyak teman juga memberikanku banyak pemahaman dan pembelajaran tentang apa itu toleransi. Walaupun berbeda keyakinan, banyak ucapan selamat lebaran baik secara langsung ataupun sekedar lewat sms yang saya terima dibulan Syawal ini dari mereka, dan ada juga yang merelakan melakukan sebuah perjalanan dari luar kota hanya untuk bersilaturrahim dan mengucapkan minalaidin walfaizin mohon maaf lahir dan batin.

Hidup berdampingan dalam sebuah perbedaan memang menciptakan potensi perpecahan, akan tetapi jika perbedaan tersebut dapat kita kelola dengan semangat kebersamaan dalam keberagaman, maka perbedaan tersebut akan menjadi sebuah kekuatan untuk menapak melewati segala bentuk perkembangan jaman.

Labels: ,

posted by ali maftuh,DVM @ 12:26 AM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
Google
 
About Me


Name: ali maftuh,DVM
Home: Tubanopolitan, East-Java, Indonesia
See my complete profile

myPetSally

Save 80% on pet medications

Pet-Supermarket.co.uk

Veterinary Journal
PubMed J.VetSci JVB BMC VetPathol ScienceDirect JVDI JVME JVMS JEVS AVJ
------------------
===PDF to WORD===
Veterinary e-books

vet4arab.co.cc

aahanet.org

aahanet.org

Previous Post
Powered by

BLOGGER

Add to Technorati Favorites